Selamat Datang Di Blog Pribadi Jumawan Jasman

Slide

Senin, 12 Desember 2011

Sabar Menghadapi Cobaan

Didalam kehidupan ini tidak bisa terlepas dari cobaan. Sehingga kita memerlukan sesuatu agar bisa bertahan melanjutkan kehidupan yaitu Sabar. Dimana pun anda berada,kapan pun cobaan selalu menghampiri anda dan saya. Maka anda dan saya sangat memerlukan kesabaran dalam menghadapinya. Tidak Sabar maka kehidupan akan selalu muram dan penuh kesedihan.

Pernahkah kita menyadari bahwa cobaan itu adalah ujian??

Bukankah Allah selalu mencoba kepada manusia agar semakin menyadari bahwa kita hanya Ciptaan dari Sang Pencipta. Namun yang perlu direnungkah bahwa pernahkah kita bersyukur atas nikmat yang diberikan Allah kepada kita dan mulai kembali ke jalan yang lurus setelah kita mendapat cobaan. Karena cobaan diberikan Allah kepada manusia agar semakin bertaqwa dan cobaan diberikan karena dosa - dosa kita. Namun beruntunglah anda dan saya ketika masih diberikan cobaan. Karena dengan cobaan itu berarti masih di beri kesempatan untuk memperbaiki diri.

Menurut saya bahwa kekayaan yang dimiliki saat ini itu hanya cobaan dari Allah, begitu pula dengan kesehatan, jabatan, keluarga dll. Seperti sakit, masalah bertubi - tubi, kematian sanak saudara, PHK dll itu juga merupakan cobaan.

Allah lebih mengetahui kemampuan kita dalam menerima cobaan dibanding diri anda dan saya. Disamping itu Allah tidak memberikan beban diluar kemampuan anda membawanya.

Jadi seperti apa kita ketika mendapatkan cobaan??

Perbedaan karakter dan sifat kita membedakan kita menghadapi cobaan tersebut. Ada diantara untuk tetap menjadikan sesuatu yang datang dan pergi begitu saja (cuek), ada diantara kita yang menjadikan pelajaran tetapi tidak mempraktekkan kebaikan dibalik cobaan tersebut dan ada diantara kita yang menjadikan pelajaran serta dipraktekkan yang dilandasi dengan sabar dan berusaha.

Namun sebagian diantara kita mencoba bunuh diri karena tidak sanggup menghadapi cobaan yang diterima. Namun hal yang tidak disukai oleh Allah yaitu orang - orang yang bunuh diri karena tidak sanggup hidup lagi. Entah permasalahan apa yang diterimanya sehingga akal menyimpulkan lebih baik mati daripada hidup seperti ini. Itu kesalahan pemahaman kita.

Bukankah setiap cobaan pasti ada solusinya dan ada kebaikan dibaliknya apabila kita mampu melihatnya secara sehat.

Jadi sebesar apa pun cobaan itu terimalah dengan sabar dan tetap berusaha maka akan diberikan jalan keluar. Dan cobaan itu adalah teman hidup yang selalu ada, sehingga belajarlah untuk selalu bersabar. Dan yakinlah bahwa cobaan itu sesuatu yang baik dan cobaan itu selalu ada jalannya.

Bagi pembaca yang selama ini dikendalikan oleh amarahnya, setelah membaca tulisan ini yakinkan diri bahwa andalah yang mengatur emosi anda bukan sebaliknya.

Mudah - mudahan bermanfaat

Ditulis Di Palopo
Tanggal 12 Desember 2011
Pukul 22.17 Wita

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Wajib Meninggalkan Pesan