Selamat Datang Di Blog Pribadi Jumawan Jasman

Slide

Sabtu, 10 Desember 2011

Cara Membiasakan Diri Menabung

Menabung sangat mudah diucapkan tapi pelaksanaanya agak sulit bagi yang tidak terbiasa. Niat untuk menabung sangat dibutuhkan dalam hal ini. Namun jangan tergoda untuk mengambilnya kembali setelah ditabung.

Apa sih manfaatnya kalau menabung???
Menurut saya banyak sih, nanti dibahas dilain waktu.

Kebanyakan dari manusia sangat susah untuk menabung, sukanya menghambur - hamburkan uang untuk membeli apapun. Sehingga diakhir bulan utang tersebar dimana - dimana. Ada pepatah mengatakan 'Besar pengeluaran dibandingkan pemasukan" dan akhirnya kita hanya mampu melakukan kegiatan rutin yang sering diumpamakan dengan Tutup lubang gali lubang.

Bagi anda yang belum terbiasa menabung coba merubah pola pikir mulai detik ini dengan ucapan Menabung itu Mudah. Bagi yang sudah rajin menabung bertahan terus sikap baik dan benar tersebut.


Pada kesempatan ini saya mencoba memaparkan cara agar kita terbiasa menabung diantaranya :

1. Berniat untuk menabung setiap bulan

Setiap perbuatan yang ingin dilakukan harus berdasarkan dengan niat yang tulus dan bersungguh - sungguh. Tanpa niat yang bersungguh - sungguhan maka kita akan berhenti ditengah jalan atau dibilang stagnan. Jadi berniatlah untuk tetap konsisten menabung dalam keadaan apapun.

2. Sisipkan 10 % Dari Pendapatan

Seumpama Anda sebagai pegawai yang memperoleh pemasukan diawal bulan. Tabunglah gaji anda sebanyak 10 % dari jumlah gaji. Kelihatannya memang sedikit jumlahnya tetapi ketika dilakukan terus menerus maka anda tidak menyadari nantinya. Mengapa dilakukan pada saat terima gaji? Jawabannya, apabila kita hanya menunggu sampai ada sisa dari biaya konsumsi kita selama sebulan, maka besar kemungkinan anda tidak memiliki sisa uang. Jadi tabunglah sebelum membelanjakannya.

3. Bukalah Rekening Baru

Mengapa harus buka rekening? Hal ini dilakukan demi tetap tersimpan khusus untuk 10 % tersebut. Agar tidak berusaha mengambilnya, buanglah pin dan ATM atas bank tersebut. Caranya kerja lebih bagusnya kalau sistem penyimpanannya secara otomatis dipotong dari gaji anda.

4. Berinfaq

Mengapa berinfaq?
Dengan berinfaq maka kita telah melakukan investasi akhirat, baik di pembangunan mesjid, menyumbang dimesjid, membantu para anak panti asuhan dan lain - lain. Disamping itu, Dengan berinfaq anda termasuk orang - orang yang bersyukur atas rezeki yang diperoleh sehingga Sang Pemberi Rezeki akan menambah rezeki anda.

5. Gunakan Dengan Sebaik - Baiknya

Setelah menabung untuk masa mendatang dan masa akhirat. Maka sudah saatnya anda menggunakan sisanya untuk membiayai kehidupan anda secara baik dan benar. Sebanyak apapun keuangan anda tanpa mampu mengelolanya dengan baik maka akan terasa cukup. Jadi rencakan apa yang prioritas untuk dipenuhi dan jangan boros dalam menggunakannya.

Kesimpulannya : berniatlah secara bersungguh - sungguh kemudian sisipkan 10% dari pendapatan sebelum menggunakan dan jangan sekali - kali mencoba mengambil kembali tabungan anda serta gunakan sisanya dengan sebaik - baiknya. Sebanyak apapun uang anda tanpa mengelola dengan baik maka anda akan selalu mengalami kesulitan.

Demikian tulisan ini saya buat mudah - mudahan bermanfaat, apabila anda menganggap sesuai dengan anda maka lakukanlah.

Ditulis di Sekret Tapak Suci
Pukul 00.24 Wita
Tanggal 10 Desember 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Wajib Meninggalkan Pesan