Selamat Datang Di Blog Pribadi Jumawan Jasman

Slide

Minggu, 29 Januari 2012

Berdoa dan Berusaha

Pada tanggal 23 Januari 2012 bertepatan hari Selasa, saya mengikuti pengajian yang diagendakan oleh Lembaga STIE Muhammadiyah Palopo. Pada hari tersebut saya mendapatkan belajar mengenai berdoa.
Menurut pembawa kajian (Drs.Bashori Kastam) bahwa berdoa merupakan salah satu usaha yang mesti sering dilakukan oleh umat islam. Menyadari bahwa kita mempunyai keinginan yang tidak terbatas sehingga kita selalu berharap untuk diadakan dengan jalan berdoa kepada Sang Pemberi Nikmat.

Kadang anda dan saya selalu berdoa tentang satu hal yang ingin sekali kita memilikinya, namun tidak pernah di berikan. Kemudian kita berputus asa untuk terus berdoa kepada-Nya.

Menurut beliau bahwa segala doa yang kita lontarkan akan dibalas dengan 3 (tiga) jenis balasan yaitu :

1. Dikabulkan Secara Langsung
Inilah yang selalu didambakan oleh setiap manusia. Ketika berdoa memohon dikaruniai sang buah hati, langsung dikabulkan. Ketika meminta kekayaan langsung dikabulkan. Hal ini memang sangat indah apabila setiap anda dan saya berdoa langsung dikabulkan. Namun juga sebaliknya, apabila setiap berdoa itu terus yang kita minta tetapi tak pernah dikabulkan oleh-Nya.
2. Disimpan
Cara Allah Swt membalas doa hamba dengan menyimpan di Surga menanti kita ketika anda dan saya sudah tidak berada lagi dunia ini. Semua doa yang kita lontarkan dan tidak dikabulkan ternyata disimpannya dan dijadikan sebagai pahala di akhirat kelak dan itulah janji Allah Swt kepada hamba-Nya yang selalu berdoa. Allah Swt tidak pernah ingkar dengan janji-Nya.
3. Diberikan Dalam Bentuk yang lain
Cara Allah Swt dalam membalas doa hamba-Nya dengan jalan mengganti dengan hal yang lain dengan apa yang anda dan saya minta. Seperti, ketika kita berdoa diberikan jodoh yang baik namun digantinya dengan nikmat kesehatan selama hidup.

Terkadang kita berpikir, kenapanya doa anda dan saya tidak pernah dikabulkan oleh Allah Swt, Namun yang dipahami bahwa apabila doa kita terwujud secara langsung bukan berarti bahwa doa kita tidak dikabulkan, mungkin saja disimpan sebagai pahala diakhirat kelak, atau diganti dengan nikmat yang lain. Dan hal yang penting juga yang harus diingat bahwa berdoa tanpa usaha itu akan sulit diberikan. Jadi harus berdoa dan berusaha.

jadi kesimpulan, jangan berhenti untuk berdoa karena akan tetap dikabulkan oleh Allah Swt dan terus berusaha dan sabarlah

Penulis berharap agar bermanfaat bagi pembaca...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Wajib Meninggalkan Pesan